Rekomend.id – Kenali Bagian-Bagian Manifold Gauge Beserta Fungsinya. Dalam dunia refrigerasi dan tata udara, pemahaman tentang manifold gauge dan fungsinya sangat krusial.
Manifold gauge merupakan alat yang digunakan untuk mengukur, mengisikan, dan memvakum refrigeran dalam sistem. Untuk memahami penggunaan alat ini dengan lebih baik, penting untuk mengenali setiap bagian dan fungsinya.
Dengan demikian, mari eksplorasi bersama “Kenali Bagian-Bagian Manifold Gauge Beserta Fungsinya” untuk mendapatkan wawasan yang lebih mendalam tentang peran masing-masing komponen dalam menjaga kinerja sistem refrigerasi dan tata udara.
Bagian-Bagian Manifold Gauge
Compound Gauge
Gauge campuran merupakan bagian dari manifold gauge yang berupa alat pengukur tekanan dengan rentang tekanan rendah, digunakan untuk mengukur baik tekanan positif maupun negatif.
Untuk mengukur tekanan positif, rentangnya dimulai dari 0 hingga 250 psi atau lebih, sementara untuk mengukur tekanan negatif, rentangnya dimulai dari -30 hingga 0 psi.
Pressure Gauge
Gauge tekanan adalah alat pengukur tekanan tinggi yang khusus digunakan untuk mengukur tekanan positif di atas tekanan atmosfer. Rentang pengukurannya dimulai dari 0 hingga 500 psi.
Keran Tekanan Tinggi
Kran tekanan tinggi berperan dalam membuka dan menutup aliran saluran menuju ke arah compound gauge yang terletak di sebelah kiri. Secara umum, kran ini berwarna merah, sejajar dengan warna pressure gauge.
Keran Tekanan Rendah
Kran tekanan rendah memiliki fungsi serupa dengan kran tekanan tinggi, yakni untuk membuka dan menutup saluran. Namun, kran tekanan rendah ini diarahkan menuju pressure gauge. Berbeda dengan kran tekanan tinggi, letaknya berbanding terbalik, dengan kran tekanan rendah berada di sebelah kanan dan berwarna biru.
Besi Pengait
Seperti namanya, besi pengait memiliki bentuk seperti tanda tanya dan berfungsi untuk mengaitkan manifold gauge.
Selang Tekanan Rendah/Tinggi
Selang tekanan rendah berwarna biru dan akan dihubungkan langsung di tengah jalur meter tekanan rendah. Sementara itu, selang tekanan tinggi berwarna merah dan akan terhubung melalui jalur tepat di bawah meter tekanan tinggi.
Selang Service
Selang servis berwarna kuning dan akan terhubung melalui jalur tengah dari port manifold.
Konfigurasi Manifold Gauge
Koneksi antara selang tekanan rendah (biru), selang servis (kuning), dan selang tekanan tinggi (merah) bergantung pada penggunaan manifold dan kondisi hand valve atau kerannya. Berikut adalah beberapa konfigurasi manifold gauge yang dapat dilihat.
Penggunaan Manifold Gauge dalam pekerjaan Refrigerasi dan Tata Udara diuraikan sebagai berikut:
Pengukuran/ Pengecekan Tekanan Refrigerant
Ketika akan melakukan pengukuran atau pengecekan tekanan refrigerant, langkah-langkah yang diambil adalah sebagai berikut:
- Pastikan kedua hand valve (kran tekanan rendah dan tinggi) dalam kondisi tertutup.
- Hubungkan selang manifold ke sistem pendingin yang akan diukur. Untuk pengukuran pada sisi tekanan rendah, gunakan selang tekanan rendah (biru), sedangkan untuk pengukuran pada sisi tekanan tinggi, gunakan selang tekanan tinggi (merah).
- Baca penunjukan jarum pada gauge yang digunakan pada skala satuan tekanan (psi atau bar).
Berikut adalah contoh hubungan selang manifold saat melakukan pengukuran refrigerant pada unit AC split pada sisi tekanan rendah:
Pemvakuman Sistem Refrigerasi / Tata Udara
Jika akan melakukan pekerjaan pemvakuman pada suatu sistem refrigerasi atau tata udara, langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut:
- Pastikan kedua hand valve (kran tekanan rendah dan tinggi) dalam kondisi tertutup.
- Hubungkan hose atau selang tekanan rendah (biru) ke port servis atau pentil pengisian pada sistem.
- Hubungkan hose atau selang service (kuning) ke pompa vakum.
- Hidupkan pompa vakum.
- Buka hand valve atau kran tekanan rendah.
- Baca hasil penunjukan jarum pada compound gauge atau meter tekanan rendah (warna biru) pada skala satuan tekanan negatif (in Hg).
Pengisian/ Penambahan Refrigerant
Ketika akan melakukan pengisian atau penambahan refrigerant pada suatu sistem refrigerasi atau tata udara, langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:
- Pastikan kedua hand valve (kran tekanan rendah dan tinggi) dalam kondisi tertutup.
- Hubungkan hose atau selang tekanan rendah (biru) ke port servis atau pentil pengisian pada sistem.
- Hubungkan hose atau selang service (kuning) ke tabung refrigerant.
- Pastikan udara di dalam selang biru dan kuning sudah tidak ada dengan cara divakum atau dijoss/didorong dengan memanfaatkan tekanan refrigerant.
- Buka kran pada tabung refrigerant.
- Buka dan tutup secara bertahap hand valve atau kran tekanan rendah (biru) sampai refrigerant terisi sesuai dengan ukuran standar yang telah ditetapkan.
Pengisian Refrigerant yang diawali dengan Pemvakuman
Jika akan melakukan pengisian refrigerant pada sistem yang kosong (belum ada refrigerant), maka perlu dilakukan pemvakuman terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan:
- Pastikan kedua hand valve (kran tekanan rendah dan tinggi) dalam kondisi tertutup.
- Hubungkan hose atau selang tekanan rendah (biru) ke port servis atau pentil pengisian pada sistem.
- Hubungkan hose atau selang service (kuning) ke tabung refrigerant.
- Hubungkan hose atau selang tekanan tinggi (merah) ke pompa vakum.
- Buka kedua hand valve (kran tekanan rendah dan tinggi) dan hidupkan pompa vakum untuk melakukan pemvakuman sampai 30 inHg selama 15 menit.
- Tutup kran tekanan tinggi (merah) dan matikan pompa vakum untuk mengakhiri pemvakuman.
- Buka kran pada tabung refrigerant sampai manifold pada meter tekanan rendah menunjukkan angka di atas 0 psi dan hidupkan sistem pendingin.
- Lakukan pengisian refrigerant sampai memenuhi ukuran standar dari sistem pendingin tersebut.
Mengukur Suhu Refrigerant dengan Manifold Gauge
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, selain digunakan untuk mengukur tekanan positif dan negatif (vakum), manifold gauge juga berfungsi untuk mengukur suhu refrigerant yang mengalir dalam sistem.
Hubungan antara suhu refrigerant dan tekanan refrigerant bersifat proporsional, yang artinya semakin tinggi tekanan, suhu refrigerant juga akan semakin tinggi.
Jenis dan Cara Kerja Manifold Gauge
Salah satu perangkat yang digunakan untuk perbaikan adalah Manifold gauge, alat ini dirancang dengan konstruksi yang kokoh dan skala yang mudah dipahami.
Fitting pada manifold umumnya memiliki ukuran standar, sehingga memudahkan penyambungan nozzle tanpa perlu khawatir memilih ukuran.
Jenis Manifold gauge
Manifold gauge yang biasanya kita temui terbagi menjadi dua jenis, yaitu tipe single dan tipe double. Namun, kali ini kita akan membahas manifold gauge tipe double yang dilengkapi dengan 5 atau 4 katup, di mana satu katup digunakan untuk mengambil gas freon dari tabung freon.
· Single Manifold Gauge
Seperti namanya, alat ini menggunakan hanya satu manifold dengan 2 nozzle dan satu katup putar.
Alat ini memiliki rentang pengukuran mulai dari 30 inch Hg hingga 0 PSI untuk tekanan di bawah atmosfer, sementara pada pengukuran di atas tekanan atmosfer mencapai 0 PSI hingga 350 PSI.
Alat ini dapat digunakan untuk mengukur tekanan berbagai jenis freon seperti R134a, R410a, R22, dan R32. Untuk keperluan perbaikan kulkas, penggunaan single manifold ini dianggap memadai.
Di pasaran, single manifold ini dijual mulai dari Rp. 85.000,-.
· Double Manifold Gauge
· Gauge Low Preasure
Pada sisi kiri manifold, terdapat bagian berwarna biru yang digunakan untuk mengukur tekanan rendah (low pressure). Rentangnya dimulai dari 30 inch Hg hingga 0 PSI untuk pengukuran tekanan di bawah atmosfer, dan 0 PSI hingga 250 PSI untuk pengukuran tekanan di atas atmosfer.
Manifold ini juga dikenal sebagai compound gauge karena mampu mengukur tekanan positif, tekanan negatif, atau melakukan vacuum.
Katup manifold tekanan rendah diidentifikasi dengan warna biru standar, yang berfungsi untuk membuka tutup gas atau udara yang melewati katup tersebut.
Demikian pula, nozzle konektor selangnya juga telah disetujui untuk menggunakan warna biru.
· Gauge High Preasure
Bagian sebelah kanan digunakan untuk mengukur tekanan tinggi atau sering disebut pressure gauge, dengan rentang 0 PSI hingga 500 PSI.
Untuk pengukuran tekanan tinggi, warna standar yang digunakan adalah merah, termasuk pada pemutar katup dan konektor selang untuk nozzle.
Sementara itu, nozzle di bagian tengah digunakan untuk jalur pengisian dengan selang standar yang berwarna kuning.
Di pasaran, double manifold ini tersedia dengan harga mulai dari Rp. 170.000,-.
Pengoperasian / Cara Kerja Manifold Gauge
Ketika kedua katup merah dan biru dibuka, semua saluran dari ketiga nozzle akan saling terhubung, memungkinkan aliran dari selang kuning untuk memasok baik selang biru maupun merah.
Aliran juga dapat bergerak dari selang biru ke selang merah, dan sebaliknya. Perbedaan utamanya adalah pada tekanan di setiap selang.
Jika salah satu katup manifold, misalnya katup biru, ditutup rapat, aliran akan terbatas hanya ke selang kuning menuju selang merah atau sebaliknya, tergantung pada tekanan masing-masing.
Untuk memastikan katup tertutup rapat, disarankan untuk memutar sampai batas putar searah jarum jam. Sebaliknya, jika ingin membuka katup, putarlah berlawanan arah jarum jam.
Ketika kedua katup merah dan biru ditutup, tidak ada aliran yang bergerak dalam manifold ini. Jika ingin menggunakan aliran dari selang merah ke selang biru saja, sebaiknya nozzle ke selang kuning ditutup.
Penutup
Dalam artikel ini, Rekomend.id telah membahas mengenai Kenali Bagian-Bagian Manifold Gauge Beserta Fungsinya.
Dengan menggunakan manifold gauge dalam sistem refrigerasi atau tata udara, penting untuk mengenali setiap bagian beserta fungsinya.
Dalam artikel ini, kita akan membahas “Kenali Bagian-Bagian Manifold Gauge Beserta Fungsinya” untuk memahami peran masing-masing komponen dalam melakukan pengukuran, pengisian, dan pemvakuman pada sistem tersebut.
Terima kasih telah membaca artikel Kenali Bagian-Bagian Manifold Gauge Beserta Fungsinya ini.